Jumat, 25 Oktober 2013


Bagian Bagian mesin

Secara garis besar mesin sepeda motor  dapat di bagi menjadi  3 bagian utama , antara lain sebagai berikut :
a.       Kepala silinder ( Cylinder Head )
b.      Blok silinder (Cylinder Barrel )
c.       Bak engkol ( Crank Case )

Pertama kita akan membahas

A.     Kepala silinder ( Cylinder Head )


     Yaitu adalah bagian teratas dari mesin ssepeda motor yang mana fungsinya adalah sebagai penutup dari lubang silinder dan komponen penting lainnya . Kepala silinder biasanya terbuat dari logam alumunium campuran agar dapat tahan pada temperature tinggi dan tidak mudah berkarat
     Kepala silinder biasanya bertumpu pada bagian atas blok silinder yang di perkuat oleh baut kepela silinder dan di antara keduanya terdapat  gasket / packing agar kompresi tidak bocor.
    Komponen komponen kepala silinder  pada motor 4 langkah antara lain :
1.       Katup ( valve )
   Terdapat dua jenis katup pada satu lubang silinder antara lain katup masuk ( intake valve ) dan katup buang ( exhaust valve ) katup berfungsi sebagai pintu gerbang untuk masuknya bahan bakar dan pembuangan gas buang  yang di atur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan prinsip kerja mesin

Gambar 01.1 Katup
2.       Camshaft ( nokn As )
   Camshaft berfungsi untuk mengatur waktu pembukaan katup dan penutupan katup , poros ini dihubungkan melalui dua buah roda gigi ( sprocket ) dan rantai pada poros engkol ( crank case )

Gambar 01.2 CamShaft
3.       Sirip pendingin mesin
   Khusus yang menggunakan pendingin udara . sirip pendingin ini berfugsi untuk membuang panas yang berlebihan yang di akubatkan oleh proses pembakaran . bagian mesin yang di lengkapi dengan sirip pendingin adalah kepala silindder dan blok silinder

Gambar 01.3 Sirip Pendingin Mesin
4.       Ruang bakar
   Ruang bakar adalah sebuah lekukan di bagian bawah kepala silinder , dimana dibagian ini terjadi proses pembakaran bahan bakar

Gambar 01.4  Ruang Bakar
5.       Dudukan busi
   Duduksn bufi merupakan sebuah lubang yang masuk dari bagian luar kepala silinder yang tembus sampai ke ruang bakar  lubang ini dilengkapi dengan alur guna mengencangkan busi dan menjaga agar tidak terjadi kebojoran kompresi

B.     Blok silinder ( Cylinder barrel )

    
     Blok silinder di tempatkan di antara kepala silinder dan bak engkol  . di tengah –tengah blok silinder terdapat lubang silinder tempat piston ( torak ) , biasanya lubang silinder ini di beri pelapis  Cylinder liner dengan logam khusus guna mengurangi keausan akibat gesekan dengan cin-cin torak    ( ring piston )
     Sama halnya dengan kepala silinder , blok silinder di buat dari alumunium dan campuran logam khusus yang bermutu tinggi . Blok silinder mesin 4 langkah konstruksinya lebih sederhana bila di bandingkan dengan blok silinder motor 2 langkah

Gambar 01.6 Blok Silinder

C.     Bak engkol


     Bak engkol terletak di bawah blok silinder dan biasanya didalam bak engkol dapat dibuka menjadi beberapa bagian guna memudahkan pada saat perakitan dan perbaikan mesin . Bak engkol berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen yang ada didalamnya , yaitu :
v  Poros engkol
v  Kopling
v  Gigi transmisi ( gear box )
v  Pompa oli
v  Shift drum atau perangkat pemindah gigi
v  Generator sebagai pembangkit listrik sepeda motor
v  Penampung oli peluas
pada bagian bak engkol  ini juga mesin secara komplit dibuat pada rangka sepeda motor.
Gambar 01.7 Bak Engkol

2 komentar:

  1. kok gax ada yang comen sich .....,,?

    BalasHapus
  2. Play Live Roulette in korean at 1xbet korean
    Play Live Roulette in korean kadangpintar at 1xbet korean on งานออนไลน์ 1xbet korean. We 1xbet korean provide you with a detailed guide and guide.

    BalasHapus