Bagian Bagian mesin
Secara
garis besar mesin sepeda motor dapat di
bagi menjadi 3 bagian utama , antara
lain sebagai berikut :
a. Kepala silinder ( Cylinder Head )
b. Blok silinder (Cylinder Barrel )
c. Bak engkol ( Crank Case )
Pertama kita akan membahas
A. Kepala silinder ( Cylinder Head )
Yaitu adalah bagian teratas dari mesin
ssepeda motor yang mana fungsinya adalah sebagai penutup dari lubang silinder
dan komponen penting lainnya . Kepala silinder biasanya terbuat dari logam
alumunium campuran agar dapat tahan pada temperature tinggi dan tidak mudah
berkarat
Kepala silinder biasanya bertumpu pada
bagian atas blok silinder yang di perkuat oleh baut kepela silinder dan di
antara keduanya terdapat gasket /
packing agar kompresi tidak bocor.
Komponen komponen kepala silinder pada motor 4 langkah antara lain :
1. Katup ( valve )
Terdapat dua jenis katup pada satu lubang
silinder antara lain katup masuk ( intake valve ) dan katup buang ( exhaust
valve ) katup berfungsi sebagai pintu gerbang untuk masuknya bahan bakar dan
pembuangan gas buang yang di atur
sedemikian rupa sehingga sesuai dengan prinsip kerja mesin
Gambar 01.1 Katup
2. Camshaft ( nokn As )
Camshaft berfungsi untuk mengatur waktu
pembukaan katup dan penutupan katup , poros ini dihubungkan melalui dua buah
roda gigi ( sprocket ) dan rantai pada poros engkol ( crank case )
Gambar 01.2 CamShaft
3. Sirip pendingin mesin
Khusus yang menggunakan pendingin udara .
sirip pendingin ini berfugsi untuk membuang panas yang berlebihan yang di
akubatkan oleh proses pembakaran . bagian mesin yang di lengkapi dengan sirip
pendingin adalah kepala silindder dan blok silinder
Gambar 01.3 Sirip Pendingin Mesin
4. Ruang bakar
Ruang bakar adalah sebuah lekukan di bagian
bawah kepala silinder , dimana dibagian ini terjadi proses pembakaran bahan
bakar
Gambar 01.4 Ruang Bakar
5. Dudukan busi
Duduksn bufi merupakan sebuah lubang yang
masuk dari bagian luar kepala silinder yang tembus sampai ke ruang bakar lubang ini dilengkapi dengan alur guna
mengencangkan busi dan menjaga agar tidak terjadi kebojoran kompresi
B. Blok silinder ( Cylinder barrel )
Blok
silinder di tempatkan di antara kepala silinder dan bak engkol . di tengah –tengah blok silinder terdapat
lubang silinder tempat piston ( torak ) , biasanya lubang silinder ini di beri
pelapis Cylinder liner dengan logam khusus guna mengurangi keausan akibat
gesekan dengan cin-cin torak ( ring
piston )
Sama halnya dengan kepala silinder , blok silinder di buat dari alumunium
dan campuran logam khusus yang bermutu tinggi . Blok silinder mesin 4 langkah
konstruksinya lebih sederhana bila di bandingkan dengan blok silinder motor 2
langkah
Gambar 01.6 Blok Silinder
C. Bak engkol
Bak
engkol terletak di bawah blok silinder dan biasanya didalam bak engkol dapat
dibuka menjadi beberapa bagian guna memudahkan pada saat perakitan dan
perbaikan mesin . Bak engkol berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen
yang ada didalamnya , yaitu :
v Poros engkol
v Kopling
v Gigi transmisi ( gear box )
v Pompa oli
v Shift drum atau perangkat pemindah gigi
v Generator sebagai pembangkit listrik sepeda motor
v Penampung oli peluas
pada bagian bak
engkol ini juga mesin secara komplit
dibuat pada rangka sepeda motor.
Gambar 01.7 Bak Engkol
kok gax ada yang comen sich .....,,?
BalasHapusPlay Live Roulette in korean at 1xbet korean
BalasHapusPlay Live Roulette in korean kadangpintar at 1xbet korean on งานออนไลน์ 1xbet korean. We 1xbet korean provide you with a detailed guide and guide.